14 Januari 2024

Psalmen (MAZMUR) 25: 1-15 HIDUP DALAM KASIH SETIA TUHAN - MANGOLU DI DALAN NI JAHOWA

 

Psalmen (MAZMUR) 25: 1-7

HIDUP DALAM KASIH SETIA TUHAN

1.         Buku Mazmur merupakan Kitab Syair yang berisikan nyanyian dan doa untuk menyembah Allah. Jika dilihat dari bentuknya Kitab Mazmur ada yang bersifat pribadi, ada yang bersifat kebangsaan, ada doa mohon pertolongan, perlindungan dan penyelu amatan, doa mohon pengampunan, nyanyian syukur atas berkat Allah dan permohonan supaya terlindung dari musuh. Nyanyian-nyanyian dan doa-doa itu dikumpulkan oleh orang Israel dan dipakai dalam ibadat mereka, lalu dimasukkan ke dalam Alkitab. Kitab Mazmur berangkat dari pengalaman bersama dengan Tuhan maka Raja Daud dan para Pemazmur lain mengungkapkan perasaannya dengan menyatakan kebutuhan dan perasaan seluruh umat Allah. Kitab Mazmur hendaknya menginspirasi kita untuk membuat pengakuan-pengakuan akan Tuhan oleh karena kasih Tuhan yang kita terima.

 

2.         Percaya dan Yakin kepada Allah (ay. 1-2). Daud mengakui ketergantungannya kepada Allah, oleh karena itu ia berserah diri kepada Allah; memberikan jiwanya sebagai tanda kepercayaan dan keyakinannya kepada Allah. Itulah yang membuat dia menjadi tenang, nyaman, dan bebas dari rasa takut akan bahaya serta perasaan takut akan musuh. Jika kita menjadikan kepercayaan kepada Allah sebagai penopang maka kita tidak akan mendapat malu dan jika kita beria-ria di dalam Tuhan maka musuh-musuhpun tidak akan beria-ria atas kita. Saat berada di dalam ketakutan, maka Daud memberikan dirinya kepada Tuhan. Daud meyakini hanya Tuhan lah yang dapat menyelamatkan dia. Dengan percaya dan terus berpengharapan akan pertolongan Tuhan maka tidak akan mendapat malu. Orang yang yakin kepada Tuhan berarti telah menyelesaikan sebagian masalah dalam dirinya seperti ketakutannya, kecemasan dan selebihnya adalah meminta kekuatan dan pertolongan bagi Tuhan.

 

3.         Menantikan Tuhan takkan mendapat malu (ay. 3) Menjadi Raja, banyak tantangan yang harus dialami oleh Daud. Pada awalnya dia harus dikejar-kejar oleh Saul, dia juga menghadapi bangsa-bangsa lain. Tetapi Daud berhasil melewatinya oleh karena pertolongan Tuhan. Dibandingkan dengan dirinya siapakah Daud sehingga mampu mengatasi tantangan yang besar dan banyak? Tetapi semua orang yang menantikan Allah tidak akan mendapat malu dan orang yang menaruh kepercayaan kepada Tuhan akan diselamatkan. Ia meminta perlindungan kepada Tuhan. Yang mendapat malu ialah musuh-musuhnya yang tidak berhasil untuk menjatuhkan Daud. Masih banyak musuh orang percaya seperti dosa, kejahatan, ketidakbenaran, sehingga kita harus lebih kuat lagi bersama Tuhan supaya kita tidak kalah. Orang-orang jahat akan mendapat malu atas kejahatan yang mereka rancang sendiri karena mereka juga melawan kehendak Allah.

 

4.         Meminta Petunjuk dari Tuhan (ay. 4-5). Daud menunjukkan sikap orang percaya yang benar adalah meminta petunjuk dari Tuhan. Ia tidak mengandalkan dirinya sendiri, tetapi dengan sungguh-sungguh meminta Tuhan untuk mengajarinya. Daud meminta supaya Tuhan memberitahukan jalan-jalan TUHAN untuk dapat dilakukan. Perlunya mengetahui jalan Tuhan supaya kita dapat hidup menurut jalan yang ditunjukkanNya. Dengan berjalan sesuai Firman Tuhan akan menuntun kepada keselamatan. Permintaan-permintaan dalam Mazmur ini, bukanlah apa yang perlu untuk sesaat atau sekedar keluar dari masalah, tetapi ada hal-hal berharga bagi orang percaya yaitu supaya Tuhan memberitahukan Jalan-jalanNya, membawa kita berjalan dalam kebenaranNya dan mengajari kita, sebab Allah sudah pasti akan menyelamatkan kita. Hal itulah yang akan selalu mengarahkan manusia untuk dapat tenang, mengatasi permusuhan karena sadar bahwa Firman Tuhan telah menunjukkan apa yang pantas untuk diperbuat manusia dan Firman Tuhan telah membatasi dosa yang dilakukan manusia. Dengan petunjuk Tuhan itulah maka kita tidak akan mendapat malu, karena kekuatan dan kemenangan orang percaya berasal dari Tuhan itu sendiri.

 

5.         Hidup dalam Kasih Setia Tuhan (ay. 6-7). Setiap orang harus harus meyakini bahwa hidup bukan hanya karena faktor makanan maupun penghasilan. Hidup kita hanya mengandalkan rahmat dan kasih setia Tuhan, tanpa itu maka hidup tidak akan bermakna. Firman ini juga hendak mengatakan bahwa pengampunan dosa kita dapatkan dari Tuhan. Perlunya mengaku dosa-dosa yang kita lakukan dan memohon pengampunan dosa dari Tuhan, kiranya Tuhan tidak mengingat dosa-dosa pada waktu muda, tetapi Tuhan mengingat kita oleh karena kasih setiaNya. Kalau kita mengingat kasih setia Tuhan, maka setiap orang percaya melihat kasih besar yang telah diberikan Allah melalui AnakNya Tuhan Yesus Kristus yang telah rela menderita dan mati untuk menebus dosa-dosa manusia. Karena hidup adalah pemberian Tuhan maka dengan kesadaran akan kasih setia Tuhan akan membuat orang akan selalu rendah hati, hidup yang mengasihi dan selalu mengandalkan Tuhan. AMEN

PSALMEN 25: 8 - 15

MANGOLU DI DALAN NI JAHOWA

1.         Dipatupa Raja Daud do Ende Tangiang on di bagasan situasi na terancam alani angka musu. Tarlumobi ma musuna ima anakna sandiri na margoar si Absalom na ambisihu naeng gabe raja sian dalan na so tingkos. Absalom mambahen angka sangkap na jahat na naeng mangarebut harajaon ni si Daud, dipangido ibana do godang pasukan pengawal dohot alasan naeng beribadah tu Hebron, hape naeng menyerang istana jala naeng pamatehon Raja Daud do ibana. Raja Daud mengungsi laho pasidinghon angka marabahaya I, alai torus do ibana dilele si Absalom, sahat tu hutan Efraim masa ma porang antara pasukan ni Raja Daud dohot Absalom. Disima si Absalom mate di bagasan porang, jala Raja Daud ima na pinillit ni Debata pasti do di bagasan pangaramotionNa.

2.         Sian pardalanan ni ngoluna Raja Daud naeng manghatindanghon Pardengganbasa jala na bonar do Jahowa. (ay. 8) Ditanda ibana do Karakter ni Debata na sintong jala adil. Jala dilehon Debata do parsiajaran di bagasan ngoluna hombar tu na niulana gabe sadar ibana alani dosa di tingki haposoonna na pamatehon Uria, gabe aeon ni ibana tongtong hamagoan ni anakna Amnon dohot Absalom. Sian haporseaonna mandok cara ni Debata na marragam laho membentuk ngoluna huhut papitahon rohana, diloas Debata angka las ni roha dohot angka arsak laho taberengma I laho mangkorhon hadengganon ni ngolu. Jotjot do ibana di ampang ni hamatean I, alai ala asi ni roha ni Debata boi do malua ibana sian saluhut angka parmaraan.

3.         Pangajarion ni Tuhan Debata (ay. 9-11) dang dipasombu Debata jolma mardalan sandiri, alai marhite Tondi Porbadia, diajari do songon dia mandalani ngoluna ganup. Alai lobi nyata do pangajarion ni Debata tu angka halak na serep marroha na mangoloi uhumNa. Diakui jala disolsoli Raja Daud do angka dosana. Lehonon ni Debata do pengampunan tu angka na paubahon rohana. Alai molo nunga jumolo adong kesombongan, pasti do maol mengakui kesalahan, maol diajari, gariada mangalului angka ‘kambing hitam’. Sialani I tung mansai ringkot do di ngolu ni halak na porsea songon na ni hangoluhon ni Raja Daud asa marserep ni roha di adopan ni Debata. Alani haserepon I gabe boi tarida angka pangajarion ni Tuhan Debata na gok hahomion. Ternyata godang jala bidang dope angka Karya ni Debata na so tarantusi hita.

4.         Molo ro angka pergumulan (ay. 12), angka hadokdokan na niadopi ni Raja Daud, ndang mambahen ibana gabe mandele. Alai dihamaolan I martangiang do ibana tu Debata, tarlumobi laho mambuat angka keputusan-keputusan na maol. Ndang mangasahon hagogoon / hamaloanna sandiri, alai sian Debata do ibana laho mangalului dalan sipillitonna. Di tingki ro angka parungkilon disi do taruji haporseaon ni halak na mangihuthon Tuhan I, ala tarida ma disi haporseaon na manongtong tu Debata manang mangalului hagogoon haportibion. Alai pos ni rohana tu Debata, mambahen diramoti Debata ibana songon pandohan ni 2 Musa 14: 14 Jahowa do marporang humongkop hamu, asal hohom hamu.

5.         Mangolu di dalan ni Jahowa. Na mangihut ima mangido tu Debata Jahowa asa pabotohon dalan dohot bogas ni Jahowa. Tuhan Debata rosu do tu angka na mabiar mida Ibana, alani jonok do Tuhan tu angka na olo mardalan di dalan nanilehonNa (Debata na Imanen). Songon halak na bersahabat nunga pabotohon angka rahasia dohot padan na so pola tu sude halak dilehon Songonima hasudungan ni Jahowa tu angka na mangkabiari Ibana. Marhite asi ni roha ni Debata, gabe porlu ma membangun komunikasi haporseaon tu Debata. Songon peta manang petunjuk na boi manaruhon hita tu sada inganan, songoni ma ringkot ni dalan na sian Debata na mamboan hita tu haluaon dohot hasonangan naung pinarade ni Debata. Mardalan di adopan ni Debata marlapatan olo jala torus mangihut tu lomo ni roha ni Debata. Dipatuduhon Tuhan Debata do dalan panogunoguon tu jolma marhite marragam cara, marhite patik, mambege Hata ni Debata, tarlumobi marhite anakNa Tuhan Jesus Kristus asa ima dalan sipangkeon ni jolma asa sahat Ibana tu jambar na sian Debata. AMEN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar