21 Januari 2024

Amsal 15: 25 KUASA DAN PEMELIHARAAN TUHAN

 

Amsal 15: 25

KUASA DAN PEMELIHARAAN TUHAN

Kitab Amsal adalah kitab yang berisikan tentang nasehat-nasehat kebijaksanaan. Dari Kitab Amsal ini kita dapat belajar banyak hal, Boleh diibaratkan barangsiapa ingin bertambah kebijaksanaan maka ia harus banyak membaca kitab Amsal. Meskipun demikian kita juga harus membedakan kecerdasan duniawi atau kepintaran dibandingkan dengan hikmat dari pada Allah. Sebab pengetahuan duniawi tidak sama dengan rencana Tuhan Allah.

#KUASA TUHAN. Dalam nats hari ini, Tuhan menunjukkan jalan-jalan kehidupan dari sifat dan perbuatan. Misalnya rancangan orang jahat adalah kekejian bagi Tuhan, tetapi perkataan yang ramah itu suci (ay. 26). Kemudian Tuhan itu jauh dari orang fasik, tetapi doa orang benar didengarNya (ay. 29). Hal itu adalah contoh untuk menunjukkan bahwa Tuhan itu adil, Dia Maha melihat dan memperhatikan. Sehingga orang jahat diminta untuk berubah, sedangkan orang baik diminta untuk tetap setia kepada Tuhan. Tuhan Allah berkuasa menentukan hidup manusia, tetapi jika kita turut dalam firmanNya, maka kita akan berada dalam keselamatan.

#PEMELIHARAAN TUHAN. Mungkin kita pernah menonton sinetron yang membuat emosi kita tergugah. Misalnya kita ikut geram ketika orang yang baik itu dizolimi, sehingga dapat menimbulkan opini di dalam pikirna kita; “untuk apa menjadi orang yang baik, sedangkan orang yang baik itu sering menjadi korban kejahatan”. Tetapi Firman Tuhan ini menegaskan bahwa Ia sendiri yang memelihara umatNya, sehingga semua berada di dalam kuasaNya. Tuhan membela perkara orang-orang yang benar, dan yang dipinggirkan. Meskipun dalam nats, digunakan sebagai janda, namun hal itu menunjukkan bahwa Tuhan melindungi orang-orang yang statusnya kecil, yang sakit, yang hina, dlsb sebagaimana Tuhan Yesus datang untuk orang-orang kecil pada zamanNya di Bumi. Yakinlah atas penyertaan dan pemeliharaan Tuhan, bahwa Dia tidak akan membiarkan umatNya kalah, meskipun orang percaya harus mengalami tantangan, tetapi pada akhirnya Tuhan akan memberikan kemenangan bagi orang yang setia kepadaNya. Amen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar