27 Juni 2024

DISELAMATKAN OLEH TUHAN ALLAH Yesaya 49: 25

 

Ay. Harian : Yesaya 49: 25

“Sungguh, beginilah firman TUHAN: “Tawanan pahlawan pun dapat direbut kembali, dan jarahan orang gagah dapat lolos, sebab Aku sendiri akan melawan orang yang melawan engkau dan Aku sendiri akan menyelamatkan anak-anakmu.”

=== DISELAMATKAN OLEH TUHAN ALLAH ===

Setiap manusia pernah mengalami puncak kejayaan dalam hidupnya, walaupun ukuran kejayaannya berbeda-beda. Misalnya seseorang sedang berada dalam performa terbaiknya seperti sedang sehat, kuat, mandiri, ekonomi lancar atau karir yang sedang memuncak. Pada saat berada dalam kondisi tersebut dapat mengarahkan kita pada dua hal yakni; membuat seseorang menjadi semakin taat dan bersyukur kepada Tuhan atau sebaliknya dapat membuat dia menjadi semakin melupakan Tuhan. Demikian juga kalau seseorang sedang berada dalam situasi yang sulit dapat membuat seseorang menjadi semakin tekun dalam Firman Tuhan atau sebaliknya dapat menjadi semakin menjauh dari Tuhan. Tetapi kini saatnya kita melihat segala sesuatu dari sudut pandang kehendak Tuhan. Kita dapat merasakan kejayaan oleh karena berkat Tuhan, tetapi berkat Tuhan tersebut harus digunakan sebagai jalan untuk bersyukur, semakin rendah hati dan semakin mengandalkan Tuhan. Menjalani hidup sembari menata iman kepada Tuhan.

            Dalam Firman Tuhan hari ini, Kitab Yesaya menunjukkan bagaimana Tuhan Allah menunjukkan rasa belas kasihNya yang luar biasa bagi umat Israel bahwa Tuhan Allah tidak akan meninggalkan Sion atau bangsa pilihanNya mengalami penderitaan yang tidak dapat ditanggung. Tuhan Allah sendiri yang akan menolong umatNya. Tuhan Allah akan berpihak bagi orang yang dikasihiNya sebab Allah akan memimpin bangsa Israel keluar dari tekanan bangsa lain, Dia yang akan melepaskan orang yang dijarah, menaklukkan bangsa-bangsa yang menyiksa umatNya hingga menjamin anak cucu umatNya.

            Kasih dan keselamatan yang diberikan Allah menjadi jaminan bagi setiap orang yang percaya, bahwa bersama dengan Tuhan maka hidup kita pasti mendapat keselamatan. Jika kita menyadari kasih dan keselamatan yang diberikan oleh Tuhan Allah, justru kita akan semakin yakin akan penyertaan Tuhan dan iman kita semakin teguh kepada Tuhan. Firman ini menjadi ajakan bagi kita untuk tidak ragu-ragu lagi kepada Tuhan. Cepat atau lambat pertolongan Tuhan akan datang pada waktuNya. Hal itu menjadi sebuah kepastian, sehingga iman kita bukan lagi iman yang ragu-ragu kepada Tuhan. Kemampuan atau kehebatan kita tidak dapat menjadi jaminan keselamatan melainkan pertolongan Tuhan lah yang memampukan kita berdasarkan anugerahNya. Jemaat yang dikasihi oleh Tuhan, marilah kita semakin menyadari pertolongan Tuhan, dengan cara tersebut maka kita akan semakin taat dan hidup dalam Firman Tuhan.

. AMIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar