15 Juni 2024

PENGAKUAN IMAN RASULI / HATA HAPORSEAON

 

PENGAKUAN IMAN RASULI

Aku percaya kepada Allah Bapa yang Maha Kuasa, Khalik langit dan bumi.

 

Aku percaya kepada Yesus Kristus, Anak-Nya yang tunggal Tuhan kita, Yang dikandung daripada Roh Kudus, lahir dari anak dara Maria, yang menderita sengsara di bawah pemerintahan Pontius pilatus, disalibkan, mati dan dikuburkan, yang turun ke dalam kerajaan maut. Pada hari yang ketiga bangkit pula dari antara orang mati, Naik ke sorga, duduk disebelah kanan Allah, Bapa yang Maha Kuasa. Dari sana akan datang kelak, untuk menghakimi orang yang hidup dan mati.

 

Aku percaya kepada Roh Kudus, dan adanya satu gereja yang Kudus; Persekutuan orang kudus; Pengampunan dosa; Kebangkitan daging; dan Hidup yang kekal. Amin

 

 

HATA HAPORSEAON

Ahu porsea di Debata Jahowa, i do Ama, Pargogo na so hatudosan na tumompa langit dohot tano.

Ahu porsea di Jesus Kristus, Anak ni Debata Jahowa na sasadai; I ma na tinubuhon ni si Maria na gabegabean sian Tondi Parbadia andorang so habubuhan; I do Tuhanta na tumaon na bernit di panguhuman ni si Latus; na mate tarpajal do Ibana di hau pinarsilang, na tuat tu banua toru, dung ditanom, na mulak mangolu di ari patoluhon, na manaek tu Surgo laho hundul tu siamun ni Debata Jahowa, AmaNa I, pargogo na so hatudosan I, disi ma Ibana, paima mulak sogot tu tano on manguhumi halak na mangolu dohot na mate.

Ahu porsea di Tondi Parbadia, jala adong sada huria na badia, Huria hatopan ni halak Kristen angka na badia, dohot di hasesaan ni dosa, dohot di Hata I, na mandok: Mulak mangolu do sogot daging ni halak naung mate, dohot di hangoluan na so ra suda. Amen

 

HATA HAPORSEAON VERSI PENGGALAN

 

HUKUM TAURAT ALLAH:

Titah Pertama           : Akulah Tuhan Allahmu !. Jangan ada padamu allah lain dihadapanKu.

Titah Kedua                : Jangan perbuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit, atau yang ada di bumi, atau yang ada di dalam air untuk disembah atau dituruti.

Titah Ketiga              : Jangan menyebut Nama Tuhan AllahMu dengan sembarangan, sebab Tuhan akan menghukum orang yang menyianyiakan namaNya.

Titah Keempat          : Ingat dan kuduskanlah hari Sabat: enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu, tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat Tuhan, Allahmu maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu, atau orang asing yang berada di tempat kediamanmu. Sebab pada enam hari lamanya Tuhan menjadikan langit dan bumi dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari yang ketujuh, itulah sebabnya Tuhan memberkati hari Sabat dan menguduskannya.

Titah Kelima             : Hormatilah Ayah dan ibumu supaya lanjut umurmu di bumi yang diberikan Tuhan, Allahmu, kepadamu.

Titah Keenam            : Jangan membunuh.

Titah Ketujuh            : Jangan berzinah.

Titah Kedelapan       : Jangan mencuri.

Titah Kesembilan      : Jangan mengucapkan saksi dusta terhadap sesamamu manusia.

Titah Kesepuluh       : Jangan mengingini rumah sesamamu; Jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan atau keledainya, atau apapun yang dimiliki sesamamu.

APAKAH KETENTUAN ALLAH AKAN DASA TITAHNYA ITU?

Demikianlah  : Akulah Tuhan Allahmu, Allah pencemburu, yang akan membalaskan kesalahan bapak kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang melanggar Titah atau Firmannya. Tetapi Aku menunjukkan kasih setiaKu kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintahKu.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar