12 Februari 2024

Galatia 6: 7 ALLAH TIDAK MEMBIARKAN DIRINYA DIPERMAINKAN

 

Galatia 6: 7

ALLAH TIDAK MEMBIARKAN DIRINYA DIPERMAINKAN

Kita pasti pernah mendengar konsep “tabur tuai” yang bersumber dari pengajaran Alkitab, nasehat-nasehat orang tua, dan berbagai sumber pengajaran lainnya. Dengan kedatangan Tuhan Yesus Kristus, maka pengajaran tersebut tidak sepenuhnya berlaku, sebab melalui kasih Tuhan Yesus hidup kita menjadi berubah, terutama bagi mereka yang mau, percaya dan taat kepada Tuhan Yesus akan mendapatkan sentuhan Roh Kudus untuk bekerja mengubah hidupnya. Meskipun demikian, secara umum pernyataan “apa yang ditabur orang, itu juga akan dituainya”; ibarat lain jika kita menanam pohon mangga, maka tentu yang tumbuh adalah pohon mangga.

#TIDAK TERJEBAK DI DALAM DOSA. Tanpa bantuan cermin, kita tidak akan bisa melihat telinga kita. Demikian juga, sikap kita yang terkadang tidak menyadari kesalahan atau dosa-dosa kita sendiri. Kita berjalan dalam jalan yang salah hingga kita berjalan jauh dan belum sadar. Rasul Paulus juga mengingatkan jemaat di Galatia bahkan berlaku untuk kita yang hidup masa kini; ada beberapa hal kesalahan atau dosa yang tidak kita sadari kita lakukan misalnya: menganggap diri hebat, menganggap orang lain salah atau lemah, mudah menyalahkan, tidak mau memperbaiki diri, tidak mawas diri, tidak mau diajari, bebal hati untuk diperbaharui, dlsb. Meskipun sifat tersebut nampaknya receh, namun sifat-sifat tersebut dapat mengganggu keutuhan persekutuan.

#SELALU MEMINTA PETUNJUK TUHAN. Tentu kita juga dapat tergoda ke dalam contoh sifat-sifat buruk yang disebutkan di atas. Oleh karena itu perlu bagi untuk selalu mawas diri, mau diperbaharui dan selalu meminta petunjuk dari Tuhan. Jika kita hidup tanpa Firman Tuhan, maka kita seperti berenang dalam luasnya lautan, kita tidak akan mempunyai arah / tujuan, sehingga kita menjalani hidup hanya mengikuti kehendak kita sendiri, tanpa ada aturan. Namun dengan kita berserah kepada Tuhan, maka hidup kita akan terarah untuk keselamatan, sebab Dia telah memberikan jalan-jalan keselamatan itu sendiri melalui Tuhan Yesus Kristus, sekarang kita hanya tinggal dan bertahan dalam keselamatan itu. Amen


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar