21 Juli 2024

BAGIMU TERBIT SURYA KEBENARAN DAN KESEMBUHAN” Maleakhi 4:1-2a

 

BAGIMU TERBIT SURYA KEBENARAN DAN KESEMBUHANMaleakhi  4:1-2a

Saudara/I yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus!

            Maleakhi adalah seorang saleh yang tinggal di Yehuda dan hidup pada masa sesudah pembuangan. Maleakhi sebagai utusan Tuhan bertujuan mulia, tugas dari Maleakhi adalah melawan penyembahan berhala. Kitab ini terutama dimaksudkan untuk mendorong para imam dan rakyat supaya membaharui kesetiaan mereka kepada perjanjian dengan TUHAN. Ia ingin memperbaharui kemerosotan dalam kehidupan dan cara beribadat umat Allah dan menegor mereka yang merampas persembahan yang menjadi milik Allah.

            Banyak hal yang bisa diteladani dari Maleakhi, ia seorang hamba yang memiliki integritas yang tinggi. Ia berani menegakkan kebenaran yang sesungguhnya berasal dari Tuhan. Banyak orang yang tidak berani seperti Maleakhi, ia tegas dan tetap pada tujuan. Maleakhi hendak menjalankan amanat dari Tuhan supaya orang-orang Israel yang telah keluar dari pembuangan bertobat dari dosa dan kemunafikan sebelum Allah datang untuk menghukum. Perangai mereka yang tidak taat dan tidak setia supaya segera disadari dan diubah oleh mereka. Ia menekankan supaya bangsa yang telah dipilihnya kembali kepada Tuhan dengan penuh ketulusan.

            Umat pilihan Allah tidak lagi serius di dalam mengikut Tuhan. Menyembah berhala, ibadah yang tidak sungguh-sungguh itulah yang mereka lakukan. Oleh karena itu Allah memperingatkan mereka melalui Nabi Maleakhi bahwa hari Tuhan akan datang. Mereka mengalami perubahan pasca pembuangan. Pergumulan dan penderitaan mereka membuat mereka pesimis dan sinis, sehingga imannya semakin mundur dan mengalami kemerosotan rohani bahkan beralih kepada penyembahalan berhala.

            Saudara/I sekalian, seperti apakah bentuk hari Tuhan itu? Di dalam buku atau film-film masa kini sangat sering membuat cerita seolah-olah itu adalah hari terakhir atau kiamat. Di sana mereka membuat peristiwa-peristiwa besar di luar logika manusia. Seperti film judgement day yang menggambarkan seolah-olah itu adalah hari Tuhan. Saudara/I sekalian kita tidak tahu bentuknya seperti apa, tetapi kita hanya berpedoman kepada kepercayaan yang diajarkan oleh Alkitab.

            Di dalam kitab Maleakhi menerangkan bahwa hari Tuhan pasti ada, dan hari itu akan datang dan menyala seperti perapian. Hari Tuhan akan menyedihkan bagi orang berdosa dan penjahat dan itu adalah penghakiman bagi orang-orang yang berdosa. Saudara/I sekalian kita harus percaya dengan itu. Orang-orang jahat, yang tidak sungguh-sungguh akan dihukum oleh Tuhan.

            Kemudian pada hari Tuhan adalah sukacita yang besar bagi orang yang benar dan takut akan Tuhan. Karena bagi mereka akan terbit surya kebenaran dengan kesembuhan pada sayapnya. Inilah bagi dari orang-orang yang setia kepada Tuhan dan yang berlaku benar. Kita tidak perlu ragu untuk mempercayai Tuhan. Mereka yang telah berlelah di bumi, yang telah lama percaya dan terus berpengharapan kepada Tuhan maka akan mendapat upahnya.

            Bagaimana menjadi orang yang takut akan Tuhan? Marilah kita membaca Amsal 8: 13 beginilah bunyinya Takut akan TUHAN ialah membenci kejahatan; aku benci kepada kesombongan, kecongkakan, tingkah laku yang jahat, dan mulut penuh tipu muslihat.

            Saudara/I sekalian yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, di zaman modern saat, semua serba canggih, internet yang meluas, boleh dikatakan sekuler atau duniawi. Sehingga banyak orang yang mulai meragukan hari Tuhan, banyak ilmuwan yang mengandalkan pengetahuan mereka sehingga meragukan kuasa Tuhan. Munculnya kelompok-kelompok dan paham yang menyangsikan hari terakhir. Mereka sudah lebih percaya ilmu pengetahuan dan teknologi. Saudara-I sekalian Allah adalah sumber ilmu dan pengetahuan dan segala sesuatu yang ada. Oleh karena itu tidak mungkin Allah disampingkan.

Betapapun pintarnya manusia, tetapi ia tidak boleh menyangkal apa yang telah ditentukan oleh Tuhan Allah. Tidak boleh ada yang anggap remeh dengan peringatan dan hari Tuhan. Meskipun beberapa orang telah menyimpang dan menyangkal hari Tuhan. Tetapi sekali lagi ditegaskan akhir zaman itu pasti ada, datang dan terjadi. Akhir zaman disebut juga Parousia itulah kedatangan Yesus yang kedua kali. Itulah masa penghakiman dan penghukuman dari Tuhan, orang yang benar akan diselamatkan maka para pendosa akan dihukum. Oleh karena itu bertahanlah untuk menjadi orang yang setia kepada Tuhan sehingga sukacita akan datang. AMEN

           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar