18 November 2014

KMD BIKERS BACK TO NATURE




KMD BIKERS “BACK TO NATURE”
            Koinonia Marturia Diakonia (KMD Bikers) di bawah naungan Departemen Diakonia melakukan aksi “Back To Nature” pada Jumat sampai Minggu, 19 – 21 September 2014 ke Pusuk Buhit - Pangururan, Toba Samosir, Sumatera Utara. Dalam kegiatan ini KMD Bikers melakukan pendakian gunung dan pembersihan sampah di Pusuk Buhit, penanaman bibit pohon di Pusuk Buhit dan di kompleks Gereja HKBP Pangururan, dan diakhiri dengan kunjungan Gereja HKBP di Pangururan seperti Pangururan Kota, Buhit, dan Pintusona.
Tim KMD Bikers diikuti 4 orang pendeta: Kepala PA Elim Pdt Junaedy Sitinjak STh, Kepala Biro Anak Jalanan dan Pelatihan Kerja Pdt Timbul Sitanggang STh, Pdt Henry Simanjuntak STh, Pdt Samuel Banjarnahor. 4 orang Calon Pendeta: CPdt Agus Siagian STh, CPdt Roy Nainggolan STh, CPdt Samuel Sitompul STh, CPdt David Nababan STh.
Para pendaki yang ikut: Topo Udra Napitupulu, Daniel Turnip, Junjung Panggabean, Hendra Silitonga, Yefta Situmeang, Jonatan Sibarani, Perwin Simanullang, Henro Siregar, Ridho Parhusip, Florensia Hasibuan, Elfrida Siburian, Bangga Manalu, Kristina Sibarani, Epi Sihombing, Korry Lumbantoruan, Reiner Silitonga, Monang Sagala, Antonius Gultom, Jepriman Sormin, Jepri Tobing, Aprisando Harianja, Paulus Simamora, Friedrich Simangunsong, Daniel Simatupang, Parlin Marpaung, dan Eukaristi Taileleu.
KMD Bikers berangkat sejak Jumat pukul 11.00 WIB dari Pematangsiantar lalu sampai di pelabuhan Ajibata pukul 12.30 WIB. Sampai di Ajibata rombongan menunggu kapal feri menuju Tomok. Pada pukul 14.00 WIB kapal KMP Tao Toba II berangkat dan tiba di Tomok pukul 16.00 WIB. Setelah itu kembali lagi berkendara menuju Pangururan dan tiba pada pukul 16.45 WIB. Sejenak beristirahat dan disambut hangat oleh Praeses Distrik VII Samosir Pdt Debora F. Sinaga MTh.
Selanjutnya pada  pukul 17.00 WIB rombongan kembali melakukan perjalanan menuju Desa Sianjur Mulamula, kaki gunung Pusuk Buhit. Lalu petualangan pendakian gunung Pusuk Buhit dimulai pukul 18.00 WIB. Meski cuaca yang kurang bersahabat, suhu dingin dan jalan yang licin tidak mengurangi semangat KMD Bikers untuk mendaki. Tim KMD Bikers tetap menempuh jalan Pusuk Buhit dengan mobil dan sepeda motor sebisa mungkin sampai kepada jarak yang bisa ditempuh. Selanjutnya perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki.
Pusuk Buhit adalah Gunung di atas desa Sianjur Mulamula dengan ketinggian berkisar 1.800 Meter Di atas Permukaan Laut (MDPL). Pusuk Buhit tidak kalah menariknya dengan Gunung Mahameru seperti yang ada dalam film layar lebar 5 CM. Bahkan data tentang Pusuk Buhit sudah mudah diakses melalui dunia maya seperti Google, Yahoo dan Wikipedia. Selain karena keindahan alamnya yang berbentuk 3 Dimensi. Di Pusuk Buhit kita juga akan merasakan bagaimana dekatnya dengan awan yang mengepul dan suara angin yang bergemuruh. Jalan menuju puncak Pusuk Buhit itu berliku-liku dan di tepi jalan terdapat jurang. Perbukitan tersebut ditumbuhi ilalang dan berbagai pepohonan kecil serta pohon cemara.
Selain itu, Pusuk Buhit juga mempunyai segudang sejarah, kebudayaan, mitos dan kepercayaan. Konon katanya, Pusuk Buhit merupakan asal usul leluhur orang Batak. Di Pusuk Buhit terdapat batu-batu besar, dimana sebagian batu itu dipakai untuk tempat mempersembahkan sajian kepada roh atau yang disebut dengan mamele bagi orang yang menyakininya terutama bagi penganut Si Raja Batak. Bahkan sebagian batu diberikan tanda seperti Batu Pertolongan, Batu Parsaktian, Batu Si Raja Babiat (Tiger).
Di Puncak Pusuk Buhit kita akan melihat sebuah tempat ‘pamelean’ yang berbentuk segitiga dan di atasnya ada tujuh cawan, sirih, rokok, dan berbagai pelean lainnya. Di situ juga berkibar bendera bangsa Batak dengan tiga warna yaitu warna merah, putih dan hitam. Puncak Pusuk Buhit diyakini pernah dikunjungi oleh Sang Pencipta Alam atau Debata Mulajadi Nabolon. Pusuk Buhit sungguh alam yang indah, penuh misteri dan sejarah, aset yang bisa dibanggakan dan perlu dilestarikan. 

03 September 2014

HALUAON NA SIAN DEBATA

3 MUSA (Imamat) 25: 39-43

HALUAON NA SIAN DEBATA

1.      Buku 3 Musa manang Imamat dirajumi do buku na sinurat ni si Musa. Hata Imamat patuduhon ulaon hamalimon laho patuduhon bangso Israel songon bangso na jinou, na pinapulik, na pinorbadiaan laho manghobasi Tuhan i. Laos di buku Imamat marisihon patik, uhum, siradotan ni bangso Israel di ngolu parugamoon dohot parange ni bangso I di parngoluan siganup ari. Buku 3 Musa laho mangaturhon parngoluan ni bangso Israel di bagasan parsombaon tu Debata (Ibadah) dohot di pengaturan ni ngolu na tung mansai rinci. Nunga diaturhon nasida taringot tu angka siulahonon ni bangso Israel di sipanganon-siinumon na patut/ halal manang na haram, angka ulaon habadiaon, bahkan ro di angka ulaon sipasidingon. Jadi di bagasan buku 3 Musa nunga adong angka anjuran na naeng siulahononhon dohot larangan tu angka na so jadi siulahonon. Di bagasan turpuk on diaturhon do taringot tu Hatoban Marga Israel.

 

2.      Manghaholongi Dongan Jolma (Ay. 39-40) Songon bangso manang parangan ni Debata sai disosohon do asa mangahaholongi dongan jolma. Ulaon na patut dipatupa angka sisean/ siihuthon Tuhan Jesus ingkon manghangoluhon holong I sandiri. Dasor utama na ingkon sipeopon laho mangulahon angka patik I ima habiaran mida Debata. Ingkon ingoton nasida do bangso Israel na pinalua ni Jahowa sian angka bangso na asing na marhuaso, na niasian ni Tuhan Debata asa gabe parasi roha. Sialani i termasuk do memperlakukan hatoban dohot denggan bagian ni manghaholongi dongan jolma. (Pangantusion ni hatoban dison ima jolma na dibahen gabe pangurupi manang parkarejo na posi jala ndang patut. Hatiha I masa dope tradisi jual-beli hatoban, boi doi alani angka parpadanan diantara nasida, boi doi alani angka na tartaban alani ni talu marporang. Jala sahalak hatoban ima gabe hak milik ni tuanna). Di ayat 39-40, adong poin na diaturhon ima a) Tung sura lam marpogos donganmu di lambungmu ==> ndang jadi dohononmu ibana mangula ulaon ni hatoban. b) Ingkon songon halak gajian manang panginsua ibana ==> sahat ro di taon parolopolopon. Buku 3 Musa marrumanghon patik Musa, alai isina tongtong do laho patuduhon ulaon hahomion dohot holong ni Debata.

3.      Haluaon/ Teologi Pembebasan na sian Debata (Ay. 40 b - 42). Adong do tingki naung ditotophon gabe manang taon parolopolopon: taon Jobel na gabe tingki las ni roha di saluhut halak baik sahalak tuan manang hatoban. Taon palimapuluhon laho patupahon saluhut angka ulaon parasinirohaon, paluahon/ pembebasan tu angka hatoban dohot saluhut praktek-praktek na so patut di hajolmaon. Disima disosohon laho mangurupi angka na pogos, palua angka na tarrante, paulakhon status hadaulaton ni hatoban gabe merdeka, dohot paulakhon na patut di angka naung mangula. Di taon parasinirohaon HKBP on naeng pahinsathon muse angka ulaon parasinirohaon (diakonia). Nian dang holan di partingkian sisongoni, halak na mangihuthon Debata laho patupahon angka na denggan, alai ingkon torus do nang mangulahon parasinirohaon i. Sian I ma tarida, patar do hadirion ni Debata na bersifat paluahon, pamalumhon (Allah yang membebaskan dan menyembuhkan). Dipaingot Debata do nasida songon dia haruar sian tano Misir jala songon bangso na olo paisolat di angka bangso na asing, alani I ingkon sai ingotonna ma patupahon asi ni roha, ala nunga jumolo di haholongi Debata saluhut manisia I (Sola Gratia).

Perlakuan na denggan (Ay. 43). Dipartingkian sisaonari on lam diajari do nang hita laho patupahon angka na denggan termasuk memperlakukan halak dohot denggan. Nunga lam meningkat angka ajaran sosial, Hak Azasi Manusia (HAM), Perikemanusiaan, tarlumobi ma Hata ni Debata naung jumolo mangaturhon I di Kitab Imamat. Ndang jadi maporanhu pangarajaionmu di ibana, ai ingkon habiaranmu do Debatam. Lam dipahembang angka pande do nuaeng panandaion tu Debata marhite angka patupahon holong ni roha (songon John Stott di Isu-isu Global: Ciri Khas Allah ialah mengangkat orang yang hina dina). Saluhut angka naniula ni Tuhan Jesus: Pamalumhon angka na marsahit, mardongan rap dohot angka pardosa jala paubahonsa, ima laho patuduhon Tuhan Jesus ro tu portibion laho mamboan haluaon ni jolma. AMEN



23 Agustus 2014

CHRISTIAN SCIENCE DAN GERAKAN PENYEMBUHAN By Yeftalius Situmeang





Refleksi 17 AGUSTUS





REFLEKSI 17 AGUSTUS
Oleh: Yeftalius Situmeang
            17 Agustus adalah salah satu hari yang bersejarah bagi Bangsa Indonesia tepatnya hari proklamasi kemerdekaan dan lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sampai 2014 ini Indonesia sudah merdeka selama 69 tahun. Peristiwa tersebut merupakan momentum yang sangat tepat untuk menumbuhkan dan menghangatkan kembali rasa nasionalisme.
            Kecintaan terhadap bangsa dan negara sendiri tidak terlepas dari semangat dan usaha, penjiwaan dan perbuatan, serta kesadaran segenap rakyat Indonesia dalam mengisi kemerdekaan ini menjadi kehidupan yang lebih baik, damai, adil, makmur dan sejahtera. Tanggal 17 Agustus menjadi hari yang spesial bagi banyak orang. Banyak respon masyarakat terhadap hari tersebut, sebagian orang merayakannya dengan cukup meriah dengan cara melakukan kegiatan seperti panjat pinang, tarik tambang, lomba makan kerupuk, lari goni, memasukkan paku ke dalam botol, dan lain-lain. Tetapi sebagian orang merasakannya biasa-biasa saja dan tidak jarang 17 Agustus juga menjadi hari yang penuh dengan refleksi dan kritikan terhadap apa yang perlu dimerdekakan dan apa yang perlu dibenahi dalam negeri ini.
Menunjukkan kepedulian terhadap bangsa dan negara (nasionalisme) juga tidak cukup hanya mengkritisi sebelah pihak tanpa pernah melihat sisi positifnya. Pemerintah juga membutuhkan perhatian yang besar terutama dari rakyatnya secara keseluruhan tanpa terkecuali. Pelaksana pemerintah itu sendiri juga adalah manusia, oleh karena itulah pemerintah tidak terlepas dari aspek-aspek kejiwaan layaknya seorang manusia yang hidup yang memiliki berbagai emosi. Jika kita cermat melihat dinamika pergerakan suatu pemerintahan maka akan terlihat bagaimana suatu kebijakan politik yang dikerjakan oleh pemerintah itu juga berlandaskan kasih sayang terhadap rakyatnya sendiri. Apabila tidak ada lagi kasih sayang dari pemerintah maka roda pemerintahan tidak akan berjalan dan secara otomatis cita-cita luhur bersama seperti adil, makmur dan sejahtera tidak akan tercapai.
Mendengar kata pemerintah banyak reaksi yang timbul dalam hati masyarakat. Diantaranya beberapa masyarakat akan langsung merasa pesimis, ada yang langsung berpikiran pemerintah adalah struktur yang rumit dan berbelit-belit, carut-marut masalah negara, ketidakadilan dalam hukum dan sosial, masalah pluralisme dalam masyarakat, penanganan suatu masalah yang tidak tegas, maraknya korupsi, kolusi dan nepotisme dan lain sebagainya. Hal-hal seperti itu mungkin sudah banyak tertanam dalam pikiran bahkan batin masyarakat. Konflik-konflik yang demikian membutuhkan solusi dan penanganan lanjutan yang lebih serius.
Di sisi lain, masyarakat juga mempunyai perspektif yang berbeda dari keluhan-keluhan di atas. Justru masih banyak masyarakat yang optimis dan selalu penuh pengharapan terhadap pemerintah yang sedang melaksanakan tugasnya bisa membawa perubahan yang lebih baik. Seandainya hasil usaha pemerintah tidak terlihat secara langsung, rakyat yang baik akan memperlihatkan sikap pemakluman bahwa usaha pemerintah itu sedang mengalami proses menuju hasil. Pemakluman yang dimaksud bukanlah suatu kebodohan yang pasrah melainkan suatu kebijaksanaan dalam masyarakat untuk tidak menuntut apa yang dibutuhkannya saja tetapi ikut berperan dalam mengusahakan kebaikan bersama.
Apresiasi dari masyarakat terhadap pemerintah atas kerja keras dan usaha pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat, setidaknya atas jasa-jasa mereka dalam menjalankan pemerintahan merupakan sebuah spirit (semangat, dukungan) bagi pemerintah. Pemerintah dan masyarakat merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Pemerintah dan masyarakat merupakan mesin dalam mencapai tujuan bersama. Masyarakat dan pemerintah bukanlah suatu musuh tetapi sebagai partner kerja. Oleh karena itulah tidak mungkin suatu sistem negara berjalan tanpa ada pemerintah.
Masyarakat juga harus memberi semangat atau dukungan kepada pemerintah yang selalu bekerja untuk rakyat. Rakyat bisa saja menilai suatu pemerintahan dengan citra yang kurang positif lagi tetapi yang pasti tidak semua kalangan menilai seperti itu. Sebagai rakyat dari negara yang sedang berkembang ini juga harus cerdas dan objektif dalam menilai apa yang mereka lihat. Jika memang kinerja pemerintahan bagus maka rakyat pun tidak akan segan-segan dalam memberikan applaus terhadap pemerintahan. Maksudnya kedua belah pihak dilibatkan untuk saling memberikan semangat.
Ide-ide pembangunan bukan hanya milik dari pemerintahan dan oknum-oknum yang bekerja untuk pemerintahan saja tetapi banyak aspirasi segar dan inovatif yang datang dari masyarakat itu sendiri mulai dari kalangan bawah hingga masyarakat kalangan atas. Itulah tandanya bahwa kita adalah negara demokrasi dengan filosofi dari rakyat, untuk rakyat, dan oleh rakyat. Ide-ide itu merupakan suatu pemberian yang berharga dari rakyat untuk pemerintah. Suara-suara perjuangan dari masyarakat merupakan suatu hadiah bagi pemerintah karena tugas dan eksistensi pemerintah salah satunya adalah mendengar jeritan rakyat. Menunjukkan rasa nasionalisme akan terlihat ketika bersama-sama merasakan suka dan sepenanggungan dalam beban bersama. Jika pemerintah dalam masalah maka sangatlah dibutuhkan pengertian dan pertimbangan solusi dari masyarakat. Masyarakat yang baik akan menghindari memperkeruh suasana politik dengan tujuan yang destruktif (merusak).
Meskipun demikian bentuk penyampaian aspirasi yang dimaksud bukan hanya kata-kata yang enak untuk didengar oleh pemerintah saja tetapi masyarakat juga bebas dan merdeka untuk terus menyampaikan inspirasinya secara kritis. Kritik justru menjadi suatu kehangatan dan gambaran suasana yang hidup dalam suatu lembaga. Penyampaian kritik juga haruslah bijaksana dan konstruktif (membangun) karena sesungguhnya kesulitan bukan hanya tanggungjawab pemerintah saja.
Dengan Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia yang ke-68 ini, maka persatuan dan kesatuan semua masyarakat Indonesia semakin erat, peduli, nasionalis, dan mampu saling menghargai dan menghormati. Dengan demikian akan tercapai harapan dari pemerintah dan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dan mewujudkan masyarakat madani.