03 September 2014

HALUAON NA SIAN DEBATA

3 MUSA (Imamat) 25: 39-43

HALUAON NA SIAN DEBATA

1.      Buku 3 Musa manang Imamat dirajumi do buku na sinurat ni si Musa. Hata Imamat patuduhon ulaon hamalimon laho patuduhon bangso Israel songon bangso na jinou, na pinapulik, na pinorbadiaan laho manghobasi Tuhan i. Laos di buku Imamat marisihon patik, uhum, siradotan ni bangso Israel di ngolu parugamoon dohot parange ni bangso I di parngoluan siganup ari. Buku 3 Musa laho mangaturhon parngoluan ni bangso Israel di bagasan parsombaon tu Debata (Ibadah) dohot di pengaturan ni ngolu na tung mansai rinci. Nunga diaturhon nasida taringot tu angka siulahonon ni bangso Israel di sipanganon-siinumon na patut/ halal manang na haram, angka ulaon habadiaon, bahkan ro di angka ulaon sipasidingon. Jadi di bagasan buku 3 Musa nunga adong angka anjuran na naeng siulahononhon dohot larangan tu angka na so jadi siulahonon. Di bagasan turpuk on diaturhon do taringot tu Hatoban Marga Israel.

 

2.      Manghaholongi Dongan Jolma (Ay. 39-40) Songon bangso manang parangan ni Debata sai disosohon do asa mangahaholongi dongan jolma. Ulaon na patut dipatupa angka sisean/ siihuthon Tuhan Jesus ingkon manghangoluhon holong I sandiri. Dasor utama na ingkon sipeopon laho mangulahon angka patik I ima habiaran mida Debata. Ingkon ingoton nasida do bangso Israel na pinalua ni Jahowa sian angka bangso na asing na marhuaso, na niasian ni Tuhan Debata asa gabe parasi roha. Sialani i termasuk do memperlakukan hatoban dohot denggan bagian ni manghaholongi dongan jolma. (Pangantusion ni hatoban dison ima jolma na dibahen gabe pangurupi manang parkarejo na posi jala ndang patut. Hatiha I masa dope tradisi jual-beli hatoban, boi doi alani angka parpadanan diantara nasida, boi doi alani angka na tartaban alani ni talu marporang. Jala sahalak hatoban ima gabe hak milik ni tuanna). Di ayat 39-40, adong poin na diaturhon ima a) Tung sura lam marpogos donganmu di lambungmu ==> ndang jadi dohononmu ibana mangula ulaon ni hatoban. b) Ingkon songon halak gajian manang panginsua ibana ==> sahat ro di taon parolopolopon. Buku 3 Musa marrumanghon patik Musa, alai isina tongtong do laho patuduhon ulaon hahomion dohot holong ni Debata.

3.      Haluaon/ Teologi Pembebasan na sian Debata (Ay. 40 b - 42). Adong do tingki naung ditotophon gabe manang taon parolopolopon: taon Jobel na gabe tingki las ni roha di saluhut halak baik sahalak tuan manang hatoban. Taon palimapuluhon laho patupahon saluhut angka ulaon parasinirohaon, paluahon/ pembebasan tu angka hatoban dohot saluhut praktek-praktek na so patut di hajolmaon. Disima disosohon laho mangurupi angka na pogos, palua angka na tarrante, paulakhon status hadaulaton ni hatoban gabe merdeka, dohot paulakhon na patut di angka naung mangula. Di taon parasinirohaon HKBP on naeng pahinsathon muse angka ulaon parasinirohaon (diakonia). Nian dang holan di partingkian sisongoni, halak na mangihuthon Debata laho patupahon angka na denggan, alai ingkon torus do nang mangulahon parasinirohaon i. Sian I ma tarida, patar do hadirion ni Debata na bersifat paluahon, pamalumhon (Allah yang membebaskan dan menyembuhkan). Dipaingot Debata do nasida songon dia haruar sian tano Misir jala songon bangso na olo paisolat di angka bangso na asing, alani I ingkon sai ingotonna ma patupahon asi ni roha, ala nunga jumolo di haholongi Debata saluhut manisia I (Sola Gratia).

Perlakuan na denggan (Ay. 43). Dipartingkian sisaonari on lam diajari do nang hita laho patupahon angka na denggan termasuk memperlakukan halak dohot denggan. Nunga lam meningkat angka ajaran sosial, Hak Azasi Manusia (HAM), Perikemanusiaan, tarlumobi ma Hata ni Debata naung jumolo mangaturhon I di Kitab Imamat. Ndang jadi maporanhu pangarajaionmu di ibana, ai ingkon habiaranmu do Debatam. Lam dipahembang angka pande do nuaeng panandaion tu Debata marhite angka patupahon holong ni roha (songon John Stott di Isu-isu Global: Ciri Khas Allah ialah mengangkat orang yang hina dina). Saluhut angka naniula ni Tuhan Jesus: Pamalumhon angka na marsahit, mardongan rap dohot angka pardosa jala paubahonsa, ima laho patuduhon Tuhan Jesus ro tu portibion laho mamboan haluaon ni jolma. AMEN



23 Agustus 2014

CHRISTIAN SCIENCE DAN GERAKAN PENYEMBUHAN By Yeftalius Situmeang





Refleksi 17 AGUSTUS





REFLEKSI 17 AGUSTUS
Oleh: Yeftalius Situmeang
            17 Agustus adalah salah satu hari yang bersejarah bagi Bangsa Indonesia tepatnya hari proklamasi kemerdekaan dan lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sampai 2014 ini Indonesia sudah merdeka selama 69 tahun. Peristiwa tersebut merupakan momentum yang sangat tepat untuk menumbuhkan dan menghangatkan kembali rasa nasionalisme.
            Kecintaan terhadap bangsa dan negara sendiri tidak terlepas dari semangat dan usaha, penjiwaan dan perbuatan, serta kesadaran segenap rakyat Indonesia dalam mengisi kemerdekaan ini menjadi kehidupan yang lebih baik, damai, adil, makmur dan sejahtera. Tanggal 17 Agustus menjadi hari yang spesial bagi banyak orang. Banyak respon masyarakat terhadap hari tersebut, sebagian orang merayakannya dengan cukup meriah dengan cara melakukan kegiatan seperti panjat pinang, tarik tambang, lomba makan kerupuk, lari goni, memasukkan paku ke dalam botol, dan lain-lain. Tetapi sebagian orang merasakannya biasa-biasa saja dan tidak jarang 17 Agustus juga menjadi hari yang penuh dengan refleksi dan kritikan terhadap apa yang perlu dimerdekakan dan apa yang perlu dibenahi dalam negeri ini.
Menunjukkan kepedulian terhadap bangsa dan negara (nasionalisme) juga tidak cukup hanya mengkritisi sebelah pihak tanpa pernah melihat sisi positifnya. Pemerintah juga membutuhkan perhatian yang besar terutama dari rakyatnya secara keseluruhan tanpa terkecuali. Pelaksana pemerintah itu sendiri juga adalah manusia, oleh karena itulah pemerintah tidak terlepas dari aspek-aspek kejiwaan layaknya seorang manusia yang hidup yang memiliki berbagai emosi. Jika kita cermat melihat dinamika pergerakan suatu pemerintahan maka akan terlihat bagaimana suatu kebijakan politik yang dikerjakan oleh pemerintah itu juga berlandaskan kasih sayang terhadap rakyatnya sendiri. Apabila tidak ada lagi kasih sayang dari pemerintah maka roda pemerintahan tidak akan berjalan dan secara otomatis cita-cita luhur bersama seperti adil, makmur dan sejahtera tidak akan tercapai.
Mendengar kata pemerintah banyak reaksi yang timbul dalam hati masyarakat. Diantaranya beberapa masyarakat akan langsung merasa pesimis, ada yang langsung berpikiran pemerintah adalah struktur yang rumit dan berbelit-belit, carut-marut masalah negara, ketidakadilan dalam hukum dan sosial, masalah pluralisme dalam masyarakat, penanganan suatu masalah yang tidak tegas, maraknya korupsi, kolusi dan nepotisme dan lain sebagainya. Hal-hal seperti itu mungkin sudah banyak tertanam dalam pikiran bahkan batin masyarakat. Konflik-konflik yang demikian membutuhkan solusi dan penanganan lanjutan yang lebih serius.
Di sisi lain, masyarakat juga mempunyai perspektif yang berbeda dari keluhan-keluhan di atas. Justru masih banyak masyarakat yang optimis dan selalu penuh pengharapan terhadap pemerintah yang sedang melaksanakan tugasnya bisa membawa perubahan yang lebih baik. Seandainya hasil usaha pemerintah tidak terlihat secara langsung, rakyat yang baik akan memperlihatkan sikap pemakluman bahwa usaha pemerintah itu sedang mengalami proses menuju hasil. Pemakluman yang dimaksud bukanlah suatu kebodohan yang pasrah melainkan suatu kebijaksanaan dalam masyarakat untuk tidak menuntut apa yang dibutuhkannya saja tetapi ikut berperan dalam mengusahakan kebaikan bersama.
Apresiasi dari masyarakat terhadap pemerintah atas kerja keras dan usaha pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat, setidaknya atas jasa-jasa mereka dalam menjalankan pemerintahan merupakan sebuah spirit (semangat, dukungan) bagi pemerintah. Pemerintah dan masyarakat merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Pemerintah dan masyarakat merupakan mesin dalam mencapai tujuan bersama. Masyarakat dan pemerintah bukanlah suatu musuh tetapi sebagai partner kerja. Oleh karena itulah tidak mungkin suatu sistem negara berjalan tanpa ada pemerintah.
Masyarakat juga harus memberi semangat atau dukungan kepada pemerintah yang selalu bekerja untuk rakyat. Rakyat bisa saja menilai suatu pemerintahan dengan citra yang kurang positif lagi tetapi yang pasti tidak semua kalangan menilai seperti itu. Sebagai rakyat dari negara yang sedang berkembang ini juga harus cerdas dan objektif dalam menilai apa yang mereka lihat. Jika memang kinerja pemerintahan bagus maka rakyat pun tidak akan segan-segan dalam memberikan applaus terhadap pemerintahan. Maksudnya kedua belah pihak dilibatkan untuk saling memberikan semangat.
Ide-ide pembangunan bukan hanya milik dari pemerintahan dan oknum-oknum yang bekerja untuk pemerintahan saja tetapi banyak aspirasi segar dan inovatif yang datang dari masyarakat itu sendiri mulai dari kalangan bawah hingga masyarakat kalangan atas. Itulah tandanya bahwa kita adalah negara demokrasi dengan filosofi dari rakyat, untuk rakyat, dan oleh rakyat. Ide-ide itu merupakan suatu pemberian yang berharga dari rakyat untuk pemerintah. Suara-suara perjuangan dari masyarakat merupakan suatu hadiah bagi pemerintah karena tugas dan eksistensi pemerintah salah satunya adalah mendengar jeritan rakyat. Menunjukkan rasa nasionalisme akan terlihat ketika bersama-sama merasakan suka dan sepenanggungan dalam beban bersama. Jika pemerintah dalam masalah maka sangatlah dibutuhkan pengertian dan pertimbangan solusi dari masyarakat. Masyarakat yang baik akan menghindari memperkeruh suasana politik dengan tujuan yang destruktif (merusak).
Meskipun demikian bentuk penyampaian aspirasi yang dimaksud bukan hanya kata-kata yang enak untuk didengar oleh pemerintah saja tetapi masyarakat juga bebas dan merdeka untuk terus menyampaikan inspirasinya secara kritis. Kritik justru menjadi suatu kehangatan dan gambaran suasana yang hidup dalam suatu lembaga. Penyampaian kritik juga haruslah bijaksana dan konstruktif (membangun) karena sesungguhnya kesulitan bukan hanya tanggungjawab pemerintah saja.
Dengan Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia yang ke-68 ini, maka persatuan dan kesatuan semua masyarakat Indonesia semakin erat, peduli, nasionalis, dan mampu saling menghargai dan menghormati. Dengan demikian akan tercapai harapan dari pemerintah dan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dan mewujudkan masyarakat madani.

04 Juni 2014

MASIH ADA KASIH DI PANTI KARYA HARAPAN SIANTAR


MASIH ADA KASIH DI PANTI KARYA HARAPAN SIANTAR
Selain enaknya rasa kuliner kota Siantar, ada baiknya singgah di Panti asuhan atau Panti Karya Harapan yang ada di Jalan Bali, Pematangsiantar tepatnya di depan Kampus USI. Di sana kita akan melihat orang-orang yang masuk ke dalam panti dengan ketentuan seperti orang tua yang sudah berumur 56 tahun ke atas.
Berbagai latar belakang orang yang masuk ke panti ini: ada yang terlantar, diantar keluarga, datang sendiri, ada yang ditarik oleh panti itu sendiri. Orang yang akan masuk ke panti pada aturannya harus membawa surat pengantar tidak mampu, surat dari Dinas sosial dan surat berbadan sehat. Namun dalam beberapa kasus seperti orang yang terlantar tidak mungkin untuk membawa surat.
Menurut narasumber yang kami wawancarai yaitu bapak Sabar Benget Sinambela (istri Br. Sitanggang) yang bertugas sebagai pekerja sosial yang mengurus orang-orang tua itu, bahwa jumlah penghuni panti jompo tidak diketahuinya dengan pasti tetapi bisa ditanyakan kepada bagian administrasi, selain itu orang jompo juga sulit dihitung karena jarang semua penghuni bisa berada di lokasi.
Bapak Sinambela menerangkan: “Mereka boleh keluar sebentar, terkadang ada yang dijemput keluarga. Namun sepengetahuan narasumber, ada sekitar 35 orang jompo, namun ada 10 orang yang kurang terima hidup di tempat ini. Dalam satu kamar mereka bisa berjumlah 2-4 orang bahkan ada yang sampai 5 orang, itu sesuai dengan ukuran luas kamar yang tersedia”.
Terangnya, “Awalnya panti ini adalah panti sosial penampungan orang-orang korban peperangan yang berdiri di Paneitongah berkisar tahun 1950-an. Tahun 1960 pindah ke Jln. Sisingamangaraja, Sibatu-batu dan selanjutnya pindah lagi ke tempat sekarang.
Tahun 2010 panti ini diberikan nama UPT Panti Karya Harapan tetapi di dalamnya ada panti jompo dan digabung dengan tuna rungu dan tuna wicara. Panti ini merupakan tanggungan Dinas Sosial milik Pemerintah Provinsi Sumatera Utara” Jelas Pak Sinambela lebih lanjut.
Penghuni panti jompo yang paling tua berumur 96 tahun dan paling muda 48 tahun. Meskipun pada aturannya yang masuk ke panti harus berumur 56 tahun ke atas, namun ada penghuni yang masih berumur 48 tahun.
Hal ini disebabkan karena toleransi yang diberikan oleh panti karena keluarga yang tidak ada lagi maka datang ke tempat tersebut. Panti juga melonggarkan peraturan karena ini adalah sosial dan tenggang rasa. Ada satu keluarga yaitu ibu dan anaknya yang masih berumur 28 tahun tetapi anaknya juga seorang tuna grahita (kurang sehat mental),”jelasnya.
Selain mewawancara pengurus panti tersebut kami juga mewawancarai seorang penghuni panti jompo yang bernama Jumain, orang Jawa, umur 56 tahun asal dari Medan, Padang Bulan, dulu bekerja sebagai tukang bangunan.
Dia memiliki 4 orang anak dan sudah 3 kali menikah. Istri pertama meninggal, kemudian dia sakit-sakitan dan struk. Ia berpikir daripada menyusahkan anak-anaknya dia kawin lagi dengan boru Pasaribu. Tetapi ternyata keluarganya cerai lagi. Setelah cerai maka dia kawin lagi dengan istrinya yang baru.
Istri ketiganya juga meninggalkan dia dan pergi ke Malaysia untuk bekerja sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW). Istrinya tidak pernah pulang dan tidak ada kabar lagi. Demikian juga anak-anaknya yang tidak tahu keberadaannya lagi. 
Dan masih banyak lagi pergumulan pribadi orang tua tersebut. Dia masuk ke panti jompo karena diantar oleh keluarganya dari Bandar karena melihat tidak ada lagi yang mengurusnya.